Jumat, 07 Oktober 2011
Merupakan bagian dari kepala suatu surat yang berisikan sejumlah informasi tentang si pengirim, seperti alamat perusahanan, nomor telepon, nomor, web, e-mail ataupun logo perusahaan yang bertujuan agar memudahkan pembaca. Letter Head berada di paling atas dari sebuah surat yang yang biasa disebut kepala surat.
2. Date
Merupakan keterangan tanggal surat itu dibuat.
-British Style
Pada British Style bagian ini biasanya terletak dapat ditempatkan dibawah informasi pembuat surat ataupun di pojok kiri atas. Format penulisan tanggal serupa dengan penulisan tanggal di Indonesia.
Pada American Style Posisi dari tanggal dapat ditempatkan di pojok kiri atas, diatas informasi si pembuat surat dengan format bulan ditempatkan sebelum hari kemudian tahun, serta sebelum tahun terdapat koma.
Merupakan alamat yang akan dituju yang berisi informasi dari penerima surat baik berupa alamatnya, kode pos, maupun Negara. Ditulis di sebelah kiri atas beberapa baris setelah penulisan tanggal. Alamat tujuan terdapat dalam dua tempat. yaitu ditulis disampul surat. dan yang ditulis pada lembar kertas surat. Dalam penulisan Alamat yang ditulis pada sampul surat biasanya harus lengkap.
4. Subject
Merupakan suatu alasan mengapa surat ini dibuat.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Subject :
a. Hal tidak ditulis dengan huruf kapital keseluruhannya, kecuali untuk judul surat berjudul
b. Subjek ditempatkan diatas dari Salutation
c. Hal ditulis dengan huruf kapital pada huruf pertama kata utamanya. Kata tugas ditulis dengan huruf kecil
d. Pada akhir perihal tidak menggunakan tanda titik karena Hal bukan kalimat
Merupakan salam pembuka atau salam hormat yang ditujukan kepada pembaca. Untuk salam pembuka jika jenis kelaminnya belum di ketahui dapat di tulis dengan cara menulis "Dear Sir" atau "Dear Madam", namun jika sudah diketahui nama dan jenis kelaminnya dapat ditulis "Dear Mr. Sony".
6. The Body Of The Letter
Merupakan isi dari surat yang berupa penjelasan mengapa surat ini dibuat dan menjelaskan informasi yang akan disampaikan oleh si pembuat kepada pembaca surat. Agar memudahkan pembaca maka bahasa yang disampaikan haruslah jelas dan biasanya bersifat kata baku atau kata resmi.
7. Complimentary Close
Merupakan salam penutup yang menjadi salah satu penghormatan dari pembuat surat. Berikan sebanyak 4 spasi baris untuk tanda tangan pembuat surat yang disertai dengan nama.
British English
- Jika nama penerima surat dicantumkan pada salam pembuka maka digunakan “Sincerely”
- Jika nama penerima surat tidak dicantumkan pada salam pembuka maka digunakan “Faithfully”
American English
- Nama penerima surat pada salam pembuka dicantumkan atau tidak maka digunakan "Sincerely"
8. Signature
Pemberian tanda tangan dapat diletakkan pada bagian ini dimana tanda tangan ataupun penulisan salam penutup haruslah bersifat resmi.
9. End Notations
Berisikan mengenai hal yang bersifat sebagai tambahan atau hal diluar dari isi surat tersebut. Jika terdapat sebuah lampiran maka enclosure dicantumkan beserta daftar jenis lampiran yang dikirim bersama surat. Dapat dituliskan berupa “Enclosure:” atau “Enc:”.
10. Carbon Copy Notation
Bagian Carbon Copy Notation pada Business English Letter dapat dicantumkan sebagai media informasi bahwa surat yang di kirimkan mendapatkan salinan baik si pengirim maupun si penerima.
11. Postscript
Merupakan pemberitahuan mengenai si pembuat surat tersebut.
10. Carbon Copy Notation
Bagian Carbon Copy Notation pada Business English Letter dapat dicantumkan sebagai media informasi bahwa surat yang di kirimkan mendapatkan salinan baik si pengirim maupun si penerima.
11. Postscript
Merupakan pemberitahuan mengenai si pembuat surat tersebut.
Format dari English Business Letter
1. Full Block Business Letter
2. Modified Block Business Letter
Pada format ini bentuk surat pada letter head, date, complementary close, dan signature berada pada rata kanan. Bagian yang lain pada surat berada pada rata kiri.
3. Indented atau Semi-Block English Letter
0 comments:
Posting Komentar